Jumat, 21 Juli 2017

Ceker Sapi

"Tapi saya gak pernah pidato di depan orang banyak pak." aku memelas

"Sudah tak apa, Maju saja. sampaikan apa yang ada dalam perutmu." bujuk pak kades

"Haduh pak, terakhir saya pidato saat saya masih duduk di taman kanak2 pak,"
"Lah itu bagus, kamu sudah punya pengalaman."

"Ahh.. Nanti kalau aku ngompol di atas panggung bagaimana, nama bapak akan tercoreng"

"Pake popok. Nanti istri saya akan bantu kamu. Ini darurat hanya kamu tukang ngarit yang sekolah tinggi atau bisa dibilang cuma kamu Sarjana yang mau ngarit, san. Jd tolong ya."

sabtu 21 maret, pagi itu momen besar untuk desa kami terkhusus bagi kepala desa. Bpk bupati kami berbaik hati memberikan seratus ekor sapi dari afrika untk peternak sapi di desa kami. Program ini akan segera menjadi gerakan nasional sebagai penanggulangan menipisnya stok daging sapi di negri ini.
Sapi jenis ini bisa mencapai berat hingga 1 ton.jadi rencananya sapi2 itu akan digemukan kemudian stiap 5 bulan skali dipanen.
Aku masih enggan untuk pidato. aku tidak bisa.

"Baiklah begini,kalau kau mau pidato besok, kau akan ku ijinkan memegang ekor sapi afrika itu, bayangkan kau akan menjadi orang desa pertama yang berhasil memegang buntut sapi afrika. Kau akan jadi legenda. Bagaimana,san?"

apa?
buntut sapi?
Suatu khormatan besar. Siapa yang bisa menolak,

"baiklah,aku setuju.dgan satu syarat.",
"apa?"
"2 buntut sapi"
"apa?, baiklah,deal"
"saat pidato di atas panggung"
"deal"

aku segera mengirim pesan untuk kawanku yg da di pesantren,aku tau ia pasti ahli berpidato.
30 menit kemudian sebuah pesan balasan

"PIDATO MASALAH OPO BUNG?"
"SAPI BUNG"
"YO BUNG, SISOK TAK KIRIMI"
"ENGKO DALU BUNG SISOK WIS DIGAWE"
"YO BUNG,TAPI PULSAKU ENTEK O"
Aku bisa menangkap maksudnya,
"YO BUNG." pulsa 10ribu segera ku transfer ke nomornya. Semenit kemudian henponku bergetar
"APIKANE AWAKMU BUNG"
"Y0 BUNG,GAWEKNO CEPET BUNG."pintaku.

##

Pagi, di hari berikutnya di lapangan sepak bola milik desa kursi2 sudah tertata rapi, panggung pun sudah tertata megah 10 sound besar pun sudah berdiri petentang pententeng. Orang-orang penting berdatangan, bpk bupati juga sudah tiba.

pak kades duduk di samping pak bupati, menatapku penuh harap dan mengacungkan jempolnya padaku. Ah, seharusnya aku pake popok.

Sejujurnya aku belum siap sama sekali, kawanku baru mengirimkan pesan lewat email tadi pagi dan langsung ku print out, jadi aku blum membaca isi pidato satu kata pun.
Acara dimulai, rentetan pidato basa basi orang-orang penting juga usai tinggal pidato yg paling penting, pidato perwakilan dari desa, itu aku.

Sesuai janji aku pidato dengan memegang 2 buntut sapi Afrika itu.
Salam pembukaan, penghormatan kepada orang-orang penting, para peternak, kemudian ucapan syukur kepada Allah SWT, dan sholawat untuk nabi muhammad Saw.

Ku baca dengan keras. Pak kades tersenyum sesekali bertepuk tangan sendiri.

Sampai pada inti pidato
"HADIRIN SEKALIAN LANGSUNG SAJA SAYA TIDAK SUKA BERBASA BASI, KARENA SAYA LEBIH SUKA MAEN PS DARIPADA BASA BASI" ku remas buntut sapi, pak kades kaget, orang-orang penting lainnya SEMUA menganga,

"KITA SEBAGAI MANUSIA YANG BERADAB HARUS MENGHARGAI BINATANG. YA SAPI, KITA HARUS MENGHARGAI SAPI MEMBERIKAN MEREKA MAKANAN YANG LAYAK, SEPERTI JAGUNG,PADI,AGAR MEREKA MAMPU BERKOKOK TIAP PAGI"
Aku mulai tertekan, semakin kuat aku meremas ekor mereka, ini ayam apa sapi,kawanku terlalu terobsesi pada ayam atau memang ia tak pernah melihat sapi.

pak kades pamit pergi ke kamar mandi, orang-orang penting masih mengangah dan menjadi sepi "krik krik krik krik"

ku lanjutkan membaca
"HADIRIN SEKALIAN SEMOGA PROGRAM INI MAMPU MEMBERIKAN KESEJAHTERAAN BAGI PARA PETERNAK SAPI. SAYA BERHARAP PADA PARA PETERNAK SUPAYA CEKER-CEKER SAPI DIBERSIHKAN SETIAP PAGI, DAN MENGAMBIL TELURNYA DENGAN HATI-HATI AGAR TIDAK PECAH" ku remas lebih kuat buntutnya, pak kades blum keluar dari kamar mandi, orang-orang penting masih menganga beberapa pingsan,jangkrik ikut diam.

Aku tak bisa lg melanjutkan pidato, ku tarik kuat-kuat dua buntut sapi itu. si sapi afrika kaget kaki-kaki belakangnya menyepak kepalaku. aku terpelanting dari atas paggung mataku gelap.
Terdengar sorakan riang, dari tempat duduk orang-orang penting dan dari kamar mandi. Aku pingsan.

..

Sebuah tulisan lama yang terbengkalai di facebook.
Di tulis pada 21 Juli 2014
Betiring.
Santiagomufc....

0 komentar:

Posting Komentar